Kadisdik Kukuhkan Pengurus & Launching Website MKKS - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Kamis, 11 Februari 2021

Kadisdik Kukuhkan Pengurus & Launching Website MKKS


KUALA KAPUAS
 - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat mengukuhkan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Kapuas Periode Tahun 2021-2024 di Aula Dinas Pendidikan pada Kamis (11/2). 
Turut Hadir pada kegiatan ini Kabid Pembinaan SMP Agustin S,Pd, Kordinator  Pengawas Drs. Rayano, Jajaran Pengawas SMP dan para kepala sekolah SMP se Kabupaten Kapuas. Selain pengukuhan kepengurusan MKKS, pada kesempatan ini juga diluncurkan Website Resmi MKKS Kabupaten Kapuas.


Dalam sambutannya Ketua Terpilih Pengurus MKKS SMP Kabupaten Kapuas Wilger, S.Pd M.Pd menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota MKKS yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin organisasi ini tiga tahun kedepan. 

Lebih lanjut Wilger menyatakan bahwa MKKS merupakan mitra Dinas Pendidikan, yang ikut berperan untuk mensukseskan penyelenggaraan pendidikan, khususnya di Kabupaten Kapuas. “ Kami jajaran pengurus MKKS dan seluruh kepala sekolah se-kabupaten Kapuas siap bersinergi dengan Dinas Pendidikan dalam mendukung dan mensukseskan program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas “tambahnya. 

Sementara itu Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan, MKKS  merupakan mitra kerja Dinas pendidikan, program kerjanya harus sejalan dengan AD ART. Beliau juga berharap Website MKKS yang baru dilaunching dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. "Adanya Website ini merupakan hal yang positif dan luar biasa, lebih lagi pada masa pandemic saat ini, manfaatkan dengan sebaik-baiknya, era saat ini bukan jamannya lagi kalau kepala sekolah tidak kenal website, tidak jamannya lagi kalau tidak akrab dengan teknologi “ harapnya.

    
Kadisdik juga memaparkan tentang Program Sekolah Penggerak, yang diawali dengan sosialisasi tujuannya agar memahami ketentuan, prosedur dan persaratannya. Perlu diketahui bahwa kuota sekolah penggerak untuk Kalimantan Tengah hanya 40 sekolah terdiri dari 8 TK/Paud, 9 SD, 11 SMP, 8 SMA dan 4 PLB. 

"Silakan para kepala sekolah untuk saling berkompetisi dalam seleksi agar menjadi pelaksana PSP tahun 2021. Selama lima tahun Kemendikbud bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten secara bersama-sama akan meningkatkan kualitas belajar siswa melalui lima jenis intervensi yaitu pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran kompetensi holistik, perencanaan berbasis data serta digitalisasi sekolah” ungkap Kadisdik H Suwarno.

Lebih lanjut beliau berharap  Kapuas menjadi pioneer pendidkan di Kalimantan Tengah, bersama-sama jajarannya dengan penuh semangat mewujudkan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas. Program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak maupun Organisasi Penggerak sangat berkorelasi tinggi dengan Program Pendikan Hebat Kapuas Cerdas. “ POP, PGP dan PSP adalah  bagian yang sangat tinggi korelasinya  dengan PHKC yaitu peningkatan mutu lulusan , profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, implementasi kurikulum dan peningkatan peran stakeholder “ tambahnya.


Sementara itu Koordinator Pengawas Drs. Rayano menyampaikan materi tentang  kepengawasan, penilaian kinerja, tupokosi pengawas, dan harapan terhadap adanya program sekolah penggerak. 
Dilanjutkan dengan paparan dari Agustin, S.Pd Kepala Bidang Pembinaan SMP tentang Surat Edaran Mendikbud No 1 tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan kesetaraan. 

Terpisah menurut Sekretaris MKKS, Wayan Sindra MPd tujuan pembuatan website ini adalah sebagai sarana atau  media komunikasi antar kepala sekolah, antar stakeholder dunia pendidikan, mempercepat penyampaian informasi,  untuk meningkatkan reputasi dan promosi sekolah. “Dengan kemajuan yang semakin pesat, sebuah sekolah dapat berpromosi melalui  website ini, tentu juga berbagi praktik baik dalam pengelolaan sekolah.” imbuhnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kadeni, M.Pd , Kepala SMPN 2 Selat ini berharap dengan adanya Website MKKS bisa memberikan info-info bermanfaat buat seluruh anggotanya seperti praktik-praktik baik yang dimiiki masing-masing kepala sekolah bisa di bagi di sini sebagai hal yang meninspirasi. " Manfaatkan laman web MKKS semaksimal mungkin, untuk berbagi praktik-praktik baik " harapnya.

                                      (foto bersama pengurus MKKS setelah pengukuhan)

Susunan Pengurus MKKS masa bakti 2021 s/d 2024  :
1. Ketua                           : Wilger, S,Pd, M.Pd (Kepala SMPN 1 Selat)
    Wakil Ketua                 : Anwar Mikhaharap, S.Pd (Kepala SMPN 5 Kapuas Barat)
2. Sekretaris                    : Wayan Sindra,S.Pd, M.Pd (Kepala SMPN 2 Basarang)
   Wakil Sekretaris          : Subarsis, S.Pd (Kepala SMPN 1 Kapuas Kuala)
3. Bendahara                  : Ganyangsie, S.Pd, E.Kop (Kepala SMPN 4 Bataguh Satap)
   Wakil Bendahara        : M. Sadli, S.Pd (Kepala SMPN 2 Kapuas Murung Satap)
4. Bidang-bidang        :
     a. Bidang Kesekretariatan          : Abriansyah, S.Pd, M.A (Kepala SMPN 1 Pulau Petak)
     b. Bidang Pembinaan MGMP     : Titi Sauta, S.Pd (Kepala SMPN 5 Mantangai)
     c. Bidang Akademis Pembinaan SDM : Drs. Ikhwan (Kep. SMPN 3 Kapuas Barat Satap)
     d. Bidang Humas & Perlengkapan : Sukadi, M.Pd (Kepala SMPN 5 Dadahup)- (@dmin91).