Kadisdik Tekankan Mutu Lulusan dan Komitmen - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Senin, 29 Maret 2021

Kadisdik Tekankan Mutu Lulusan dan Komitmen

 


Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas kembali berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) Bandung menggelar Lokakarya 4 Pendidikan Calon Guru Penggerak bertempat di Hotel Permata Inn Kuala Kapuas, Sabtu (27/03/2021). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kadisdik Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat S.Ag MPd ini dihadiri Fasilitator CGP Kapuas Rini Nuraeni, M.Si bersama Tim Satker  P4TK,  Kabid GTK M. Ali Hanafiah, S.Sos, M.A, Kasi PTK PAUD Dikmas Lentar Mancil, S.Pd, Para Pendamping (Pengajar Praktik)  CGP dan 21 Peserta Calon Guru Penggerak dari Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Gunung Mas.


(Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat saat memboka Lokakarya dengan moda blended learning)

Saat membuka lokakarya Kadisdik Dr H Suwarno Muriyat mengatakan bahwa  tema lokakarya kali ini sejalan dengan program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid dalam upaya untuk meningkatkan mutu lulusan dan selalu mengingatkan bahwa  komitmen untuk terus meningkatkan professionalitas guru adalah sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan, “ Komitmen yang kuat Insha Allah akan menghasilkan guru yang profesional sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai “ demikian ungkap Kadisdik.

Beliau juga menyinggung tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai konsep pendidikan menampilkan kekhasan kultural asli Indonesia dan menekankan pentingnya pengolahan potensi-potensi peserta didik. “Pendidikan menurut konsep Ki Hadjar Dewantara adalah upaya untuk memahami dan menganyomi kebutuhan peserta didik sebagai subyek pendidikan. tugas pendidik adalah mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik “ jelasnya. 


(Kadeni, selaku Kordinator GP Kapuas melaporkan kegiatan lokakarya 4)

Sebelumnya, Kadeni MPd selaku Kordinator Pendamping CGP  melaporkan  bahwa lokakarya 4 ini dilaksanakan dengan blended learning. “ Lokakarya kali ini kita laksanakan dengan system blended learning memadukan dua moda yaitu daring dan luring, dari 21 peserta CGP ada 12 orang yang mengikuti secara virtual melalui platform zoom meeting ” jelasnya. Dia juga mengungkapkan bahwa lokakarya 4 ini bertema Guru Berpihak pada Murid. Ada empat lokakarya lagi dari sembilan yang direncanakan dan tiga paket modul yaitu Paradigma dan Visi Guru Penggerak, Praktek Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid dan Modul Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah.


(Fasilitator /  Tim  P4TK IPA  Rini Nuraeni  saat menutup lokakarya dengan moda blended learning)

Sementara itu fasilitator  CGP Rini Noraeni saat menutup lokakarya secara virtual sangat mengapresiasi lokakarya kali ini walaupun di tengah pandemic covid pendidikan Calon Guru Penggerak Kapuas sudah secara konsisten melalui alur yang telah ditentukan, walaupun dalam pelaksanaan blended learning tersebut kadang ada kendala dan hambataan.

Beliau juga berharap  setelah mengikuti Program  ini  semua calon guru penggerak dapat lulus, sehingga Kabupaten Kapuas mempunyai 21 orang guru penggerak  yang diharapkan mampu meningkatan kompetensinya dan menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid yang tentunya selaras dengan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas. 


( Lokakarya dengan moda blended learning, dibutuhkan skill IT  dari para  pendamping )

“Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang anak secara holistic, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistim pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila “ tutupnya.


Salam Guru Penggerak Merdejka Belajar

Pendidikan Hebat, Kapuas Cerdas