KEPALA SMP KEMBALI GELAR MUSYAWARAAH KERJA (III) - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Rabu, 03 Maret 2021

KEPALA SMP KEMBALI GELAR MUSYAWARAAH KERJA (III)


KUALA KAPUAS , - Musyawarah Kerja Kepala SMP Kabupaten Kapuas kembali di gelar pada Rabu (3/3/2021) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. Tampak hadir, Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd
, Kasi Peserta Didik Eva Sondang Saragih, S.ST, M.Pd, Ketua MKPS Yani, S.Pd, M.A, dan sejumlah  Pengawas SMP.  
Dalam sambutannya Kabid Pembinaan SMP Agustin.S.Pd menjelaskan bahwa progres peserta sekolah penggerak di Kabupaten Kapuas masih sangat minim dan harapan Kadisdik agar para kepala sekolah segera mendaftar. “ Hingga data pagi tadi Progres peserta Program Sekolah Penggerak khusus tingkat SMP masih sangat minim dan Kadisdik berharap kepada para kepala sekolah untuk segera mendaftar, masih ada waktu hingga 6 Maret “ jelasnya.

Lebih jauh Agustin menambahkan bahwa Kabupaten Kapuas dalam hal ini Dinas Pendidikan merupakan salah satu dari 111 Kabupaten/Kota se Indonesia yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai penerima manfaat dari Program Sekolah Penggerak. “ Perjuangan untuk mendapatkan program ini bukanlah hal yang mudah,  ini setelah Kadisdik Kabupaten Kapuas bersama 514 Kadisdik Kabupaten/Kota se Indonesia mengikuti seleksi dan sosialisasi secara regional maupun virtual yang dilakukan oleh Kemendikbud akhir tahun lalu. Bahkan Bapak Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT sangat  mendukung program ini dan telah menandatangani MoU bersama Mendikbud. ‘ ungkapnya. 

Tidak lupa juga beliau mengingatkan bahwa Pandemi virus corona tampaknya belum akan usai dalam waktu dekat, dengan kondisi tersebut, rekan-rekan kepala sekolah untuk terus menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh penerapan protocol kesehatan adalah hal yang mutlak harus dilakukan agar terhindar dari paparan virus corona .

Sebelumnya Wilger M.Pd sebagai Ketua  MKKS menyampaikan beberapa agenda yang akan di bahas pada kegiatan ini antara lain kesiapan pelaksanaan USBK (Ujian Sekolah Berstandar Kabupaten), pelaksanaan UTS, Sosialisasi BOS dan teknis penilaian pada blangko Ijazah. Tidak lupa pula selalu mengingatkan kepada rekan-rekan kepala sekolah selalu mematuhi protocol kesehatan, kapanpun dan di manapun. 

Agenda rapat kerja kali ini juga membahas tentang tugas dan fungsi kepengawasan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah, dinyatakan bahwa tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan managerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus demikian Yani, S.Pd, MA Ketua MKPS SMP Kabupaten Kapuas.

Selanjutya Susilo, M.Pd menjelaskan tentang kedudukan dan struktur organisasi MKPS , struktur organisasi sekolah menurut peraturan yang berlaku dan  evaluasi BDR baik pembelajaran Moda Daring maupun Luring. Kemudian Mursyid SPd, MA menginformasikan tentang pelaksanaan Sosialisasi Akreditasi Sekolah di Kabupaten Kapuas dalam waktu dekat ini.

Dipenghujung acara Sekretaris MGMP Wayan Sindra, M.Pd menayatakan bahwa dalam musyawarah ini telah  disepakati beberapa poin penting antara lain  pelaksanaan UTS (8 – 11 Maret 2021), Master soal USBK siap  untuk didistribusikan sebelum pelaksanaannya (5 -  10 April 2021)  dan tentang penilaian Nilai Akhir (NA) di blangko Ijazah yaitu 60 % nilai (Penugasan / UTS) dan 40 % nilai USBK ( Ujian Sekolah Berstandar Kabupaten), mengenani jadwal resmi USBK dan bagaimana pelaksanaannya sambil menunggu surat dari Kepala Dinas Pendidikan.

“ …. saya berharap kepada rekan-rekan kepala sekolah untuk selalu menjaga protocol kesehatan dan perkuat imun tubuh “ tutup Wayan Sindra.

#Salam_Barigas !

#Pendidikan_Hebat_Kapuas_Cerdas !