MKKS SMP Rangkai Halal Bil Halal : Sucikan Hati, Eratkan Tali Silaturahmi - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Sabtu, 14 Mei 2022

MKKS SMP Rangkai Halal Bil Halal : Sucikan Hati, Eratkan Tali Silaturahmi

 

(Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat saat memberikan Tausiah makna Halal Bil Halal)

KUALA KAPUASKepala Sekolah SMP Kabupaten Kapuas kembali menyelenggarakan musyawarah kerja di aula Kantor Diknas pada Kamis (12/05). Kegiatan yang dirangkai dengan Halal Bil Halal tersebut dihadiri oleh Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd, Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd, Ketua MKPS Susilo, M.Pd beserta pengawas dan seluruh Kepala SMP se Kabupaten Kapuas. Kegiatan Halal Bil Halal dengan tema “ Sucikan Hati, Eratkan Tali Silaturahmi “ ini mendaulat  Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd untuk memberikan tausiyah dalam memaknai halal bil halal.
 
Dalam tausiyahnya, beliau berharap momentum halal bil halal yang diselengarakan oleh MKKS ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama. “ Hal ini dilakukan merupakan feedback atas kemenangan bisa menahan hawa nafsu selama satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan “ ujar Kadisdik.


Lebih lanjut, beliau berharap dengan adanya halal bil halal tersebut kita dapat menarik benang merah bahwa Ramadhan adalah bulan tarbiah yaitu bulan pendidikan, yang mendidik kita untuk lebih baik lagi dalam beriman dan bertakwa, bertindak, berkata yang baik dan berbuat dengan hati yang ikhlas dan nyaman.
 
“Sekali lagi saya mengajak rekan-rekan semua untuk  selalu menjaga Habluminallah yakni hubungan baik kepada Allah SWT dan Habluminannas yakni menjaga hubungan baik terhadap sesama,  peduli dan saling memaaafkan agar kita semakin kuat dalam membangun pendidikan Kapuas yang lebih hebat lagi “ pintanya saat menutup tausiyah.
 
Implementasi Kurikulum Merdeka
 
Pada kegiatan MKKS tersebut disampaikan pula  materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Kepala Dinas Pendidikan Dr. H. Suwarno Muriyat, dalam penjelasannya beliau mengatakan bahwa implementasi kurikulum merdeka merupakan tindaklanjut dari peluncuran Merdeka Belajar Episode 15: Kurikulum Merdeka dan Peluncuran Platform Merdeka Mengajar oleh Mendikbudristek pada 11 Februari 2022.



Dikatakannya bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri dimulai pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

“Sedangkan satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi yaitu mandiri belajar (menerapkan beberapa bagian prinsip kurikulum merdeka dengan tetap menggunakan kurikulum 2013), mandiri berubah (menerapkan kurikulum merdeka menggunakan perangkat ajar yang telah disediakan) atau mandiri berbagi (menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat belajar) “ tambah Kadisdik.


Penjelasan lebih lanjut tentang Implementasi dan tata cara pendaftarannya MKKS SMP mengundang I Ketut Sukajaya, S.Pd, M.Pd Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Kalimantan Tengah secara virtual zoom yang dapat disimak melalui link youtube berikut Sosialiasasi & Tata Cara Pendaftaran IKM.

Pengumuman Kelulusan & Kejuaraan Basket

Sebelumnya dalam kegiatan MKKS tersebut Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd menjelaskan persesjen kemdikbudristek nomor 1 tahun 2022, yang memberikan petunjuk tentang spesifikasi teknis dan bentuk, serta tata cara pengisian, penggantian, dan pemusnahan blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun pelajaran 2021/2022. 

Dikatakannya juga bahwa pengumuman kelulusan tingkat SMP yakni pada 15 Juni 2022 dan penanggalan ijazah pada 16 Juni 2022.


Pada kesempatan tersebut beliau juga menghimbau kepada sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam kejuaraan bola basket pelajar se kabupaten Kapuas pada 21 Mei 2021, pendaftaran bisa menghubungi pengurus MKKS maupun langsung ke panitia penyelenggara sesuai dengan  surat yang telah disampaikan.

* Persesjen Kemdikbud 1 2022_Juknis Ijazah) (Download)
* Tata Cara Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (Link Youtube)