Berkurban: Semangat Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19 - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Rabu, 21 Juli 2021

Berkurban: Semangat Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19

Momen Idul Adha tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid 19.  Oleh karena itu aturan protokol kesehatan tentang tata cara penyembelihan hewan kurban harus diikuti dengan baik.  Pelaksanaan pemotongan dan pendistribusian hewan kurbanpun dilaksanakan dengan mengikuti mengikuti apa yang sudah ditetapkan pemerintah untuk menghindari potensi penularan Covid 19.  

Ibadah kurban akan menumbuhkan sikap syukur terhadap Allah SWT atas semua nikmat yang telah diberikan, perintah berkurban juga mengingatkan kepada kita bahwa pada hakikatnya kekayaan itu hanyalah titipan Allah. Dan harus kita sadari bahwa pada harta yang kita miliki ada hak orang lain, yang harus ditunaikan dengan cara mengeluarkan zakat, infaq, shadaqah, wakaf, termasuk kurban“ demikian Abriansyah Kepala SMPN 1 Pulau Petak saat menghantarkan prosesi penyembelihan hewan qurban pada selasa (20/07) kemaren.

 

(SMPN 1 Pulau Petak semangat berbagi )

Bagi SMPN 1 Pulau Petak ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya melaksanakan ibadah Qurban, mudah-mudahan tahun depan dan seterusnya kami bisa kami laksanakan lagi, tentu akan menjadi agenda rutin tahunan, kalau tahun ini hanya satu sapi mudah-mudahan tahun depan bisa lebih,  tambahnya lagi. 

 (Kegiatan penyembelihan hewan qurban di SMPN 2 Selat)

Pada tahun ini SMPN 2 Selat juga kembali melaksanakan pemotongan hewan qurban, "Kegiatan ibadah qurban tahun ini kami laksanakan dengan harapan pembiasaan berbagi dari keluarga besar sekolah untuk siswa dan masyarakat sekitar perlu dibudayakan. Budaya postif untuk menanamkan budaya karakter dermawan, peduli sesama dan tentunya beramal sebagaimana tuntunan dari Rasulullah SAW , semoga daging qurban ini bisa membantu saudara kita khususnya kaum muslimin dalam merayakan Idul Adha dengan penuh sukacita ditengah pandemic covid 19 sekarang ini “ imbuh Kadeni Kepala SMN 2 Selat.

 (Kegiatan penyembelihan hewan qurban di SMPN 2 Selat)

Masih menurut Kadeni bahwa kegiatan ini terselenggara melalui arisan qurban, dengan bergiliran setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama oleh warga sekolah secara gotong royong menyatu dalam keberagaman yang indah dan damai, semoga berkah, ujar Kadeni menutup pembicaraan. 

(Tri Toto , Ketua Panitia Ibadah Qurban SMPN 2 Basarang)

Di lain tempat, kegiatan penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di SMPN 2 Basarang, "Kami turut melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Daging kurban di bagikan kepada hampir seluruh warga sekolah yaitu peserta didik, para guru dan masyarakat terdekat “ demikian Tri Toto S.Pd selaku ketua panitia penyelenggara.

(Dewan guru bersama pengurus OSIS  bergotong royong pada selasa ,20/07)

Hikmah yang dapat di ambil dari kegiatan ini adalah semangat berbagi kepada sesama, mensyukuri nikmat yang sudah diberikan,  dan juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Insyaallah SMPN 2 Basarang akan selalu menyelenggarakan qurban setiap tahunnya  di sekolah. Aamiin." Ungkapnya.


Sebagai mana kita ketahui bahwa Hari Raya Idul Adha adalah hari raya besar yang diperingati oleh seluruh umat muslim seluruh dunia. Hari raya yang jatuh di bulan Dzulhijjah ini biasanya digunakan oleh umat Islam seluruh dunia untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke 5 yaitu melaksanakan ibadah Haji bagi umat Islam yang mampu. Idul Adha yang dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.


Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

 

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan. Wujud dari hewan qurban itu sendiri bisa berupa unta, sapi atau kambing yang tentunya sesuai dengan kriteria yang baik dan tidak cacat serta diutamakan hewan jantan yang sudah mencapai umurnya.