KADISDIK KUKUHKAN 20 GURU PENGGERAK - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Kamis, 16 September 2021

KADISDIK KUKUHKAN 20 GURU PENGGERAK


 


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, MPd mengukuhkan 20 orang guru penggerak Kabupaten Kapuas di Aula VIP Disdik  pada Rabu sore (15/9). Tampak hadir Kabid GTK M. Ali Hanafiah SE, MA, Kasi PTKPAUD Lentar Mancil ODR, S.Pd, para Pendamping (Pengajar Praktik) Kadeni,  Abriansyah, I Gede Sundana, Aristanika dan Eka Rahmayantina Utami. Pengukuhan ini merupakan rangkaian kegiatan penutupan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan I oleh Mendikbudristek dan Pelepasan Peserta PGP oleh Kepala PPPTK IPA secara daring melalui Zoom Meeting dan chanel youtube Kemendikbudristek.

(Kadisdik Dr. Suwarno Muriyat, mendapat kesempatan pertama  menyampaikan respon atas PGP 1)

Dalam sambutannya Kadisdik Dr. Suwarno Muriyat menyampaikan terima kasih kepada Tim Diknas Kabid GTK, Kasi, dan para pendamping yang telah  bekerja dan berpartisipasi dalam pelaksanaan program pendidikan guru penggerak angkatan 1. " Kepada 
bapak ibu guru pengerak yang dinyatakan lulus saya bangga, mengapresiasi atas prestasi dan  pencapaian kelulusan dengan predikat amat baik, Selamat bekerja berikan pengabdian yang terbaik untuk kemajuan pendidikan Kabupaten Kapuas yang berkualitas “ pintanya. 

Kadisdik yang juga sebagai Dosen STAI Kuala Kapuas ini berharap kepada guru penggerak mampu menghidupkan kembali pemikiran-pemikiran pendidikan Indonesia utamanya filosofi dari Ki Hajar Dewantara di ruang-ruang kelas, dari hal-hal yang kecil. Agar terbangun ekosistem pendidikan yang merdeka belajar dan selalu berpihak pada murid. Mereka juga diharapkan menciptakan pembelajaran yang menumbuhkan semangat siswa, menguatkan mimpi-mimpi mereka, membuat hari-hari mereka semakin bahagia dan berwarna, menuntun mereka menjadi generasi penerus pewaris bangsa. 

Dalam kesempatan ini pula beliau selalu mengingatkan akan pentingnya koordinasi, kolaborasi dan konsistensi dalam setiap program dan kegiatan. " Selesainya pendidikan guru penggerak merupakan awal untuk melangkah sebagai katalis perubahan, di mana perubahan itu harusnya dimulai dari diri, kami akan memanfaatkan kompetensi yang dimilikinya dan akan kami libatkan dalam setiap kegiatan dalam mendukung pendidikan hebat kapuas cerdas ". tegasnya lagi.

(Penyerahan Plakat secara virtual dari Kapus P4TK IPA kepada Kepala Dinas wilayah sasaran PGP)


Adapun Dua Puluh Guru Penggerak yang dikukuhkan antara lain :

7 orang guru SD : Lampang, S.Pd., MA (SDN 1 Bungai Jaya), Agustina Widya Astuti, S.Pd & Wantono Nuril Hidayat, S.Pd.I  (SDN 6 Selat), Yuni Asti, S.Pd (TK Dharma Wanita Setda), Sri Hastuti, S.Pd (SMPN 1 Mihing Raya), Lusia Pangestika, S.Pd (SDN I Dandang 2) dan Krismarely, S.Pd (SDN 3 Hampatung).

4 orang guru TK : Rami Mujiati, S.Pd (TK Aisyiyah Bustanul Athfal-1 Selat), Mila Listiani Wulandari, S.Pd (TK Kasih Bunda), Ervina Yanti Manurung, S.Pd.AUD (TK Anak Panah), Wahyu Istiningsih (TK Al-Hijrah).

5 orang guru SMP : Agathe, S.Pd & Isnawati, S.Pd (SMPN 2 Selat), Rahmi Salina, S.Pd (SMPN 1 Kapuas Timur), Dame Sri Annigusti Lania Sihombing, S.Pd (SMPN 1 Dadahup), Anna Luminda (SMPN 2 Basarang).

4 oranh huru SMA / SMK : Made Pujangga, S.Pd (SMAN 1 Basarang), Nurul Azizah, S.Pd (SMAN 1 Dadahup), Muhammad Tito, S.Pd (SMAS Muhammadyah), Eva Riani, S.Pd (SMAN 1 Kuala Kapuas).


Pengukuhan Guru Penggerak menandai terbentuknya komunitas guru penggerak Kabupaten Kapuas yang diketuai oleh Made Pujangga, S.Pd dari SMAN 1 Basarang.

(Kadisdik Kukuhkan Guru Penggerak Kapuas)

Sebagaimana kita ketahui bahwa Program pendidikan guru penggerak ini merupakan kebijakan merdeka belajar episode kelima. Untuk angkatan pertama ini, pendidikan telah dimulai sejak 15 oktober 2020 dan peserta telah menyelesaikan masa pendidikan selama 9 bulan serta berakhir pada tanggal 28 Agustus 2021.


Serentak bergerak wujudkan merdeka belajar !