Cara Mengajar yang Baik - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Rabu, 19 Januari 2022

Cara Mengajar yang Baik

 


SALAM LITERASI,- Sejatinya, dalam kehidupan ini kita adalah pembelajar sejati, termasuk para guru. Guru-guru memang dituntut untuk mempelajari banyak hal. Bahkan, bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan profesi lain. Karena nyaris segala aspek harus dipelajari demi terbentuknya karakter baik pada pribadi masing-masing siswa.

Selain dituntut untuk memiliki pengetahuan yang segudang, para guru juga diharuskan menguasai berbagai macam teknik. Termasuk teknik mengajar yang baik. Hal ini supaya anak-anak merasa nyaman ketika mendapatkan materi.


Bagi guru baru, mungkin masih kerap menemukan beberapa kesulitan selama mengajar di kelas. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas beberapa hal mengenai cara mengajar yang baik untuk diterapkan di dalam kelas.


Jangan hanya berdiri layaknya patung

Cara mengajar yang paling umum adalah dengan tidak berdiri saja di depan kelas. Dalam artian, kita bisa berjalan mengelilingi dalam berbagai kesempatan saat mengajar.

Hal ini supaya seluruh anak-anak merasa diperhatikan. Tidak ada yang merasa bahwa yang mendapat perhatian guru hanya anak-anak yang aktif dan duduk di depan saja.

Berjalan atau memutari kelas ketika mengajar tidak sulit. Kita hanya perlu pembiasaan saja.  Maka mulai saat ini, cobalah untuk tidak hanya berdiri di depan kelas ketika menjelaskan mater


Buat variasi dalam pembelajaran


Yang kedua adalah dengan membuat variasi. Saat ini banyak variasi-variasi pembelajaran yang bisa diadopsi dan modifikasi. Misal, dengan memulai pembelajaran dengan menyanyikan lagu. Supaya anak-anak rileks sejenak.

Selain itu, kita juga bisa mempersiapkan game jika perlu. Karena variasi dalam pembelajaran juga berdampak baik bagi pemahaman mereka terhadap sebuah materi.

Variasi dalam pembelajaran juga bukan hanya sekedar meningkatkan motivasi belajar mereka. Tapi juga akan membuat mereka enjoy selama belajar.


Update ilmu pengetahuan & maksimalkan penggunaan teknologi


Adapun cara mengajar yang baik selanjutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi. Guru abad ini memang dituntut untuk update. Karena peserta didik masa kini cenderung lebih mudah bosan, dan tidak suka sesuatu yang monoton.

Sehingga, dengan pemaksimalan menggunakan teknologi, bisa memudahkan mereka dalam menerima pelajaran, dan membuat mereka lebih bersemangat.

Untuk saat ini, sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan. Mulai dari aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video, aplikasi atau yang lainnya. Tinggal bagaimana kita mengeksplor pengetahuan dan keterampilan saja.

Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, anak-anak pasti akan merasa lebih bersemangat. Apalagi jika dikemas dengan baik.


Semoga bermanfaat.