PEMKAB KAPUAS DAN HASNUR CENTRE BERSINERGI WUJUDKAN SDM KAPUAS CERDAS - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Selasa, 01 Februari 2022

PEMKAB KAPUAS DAN HASNUR CENTRE BERSINERGI WUJUDKAN SDM KAPUAS CERDAS

 


Kuala Kapuas, - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pendidikan berkerjasama dengan Yayasan Hasnur Centre menyelenggarakan Hafecs Manajemen Sekolah dan Strategis Pembelajaran kepada para Kepala SMP se Kabupaten Kapuas. Kegiatan dibuka oleh Bupati Kapuas yang  diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Ilham Anwar, M.Pd,  pada Senin pagi (31/01/2022) dihadiri Tim Hafecs (Yayasan Hasnur Centre), Kadisdik Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, M.Pd, Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd dan Ketua MKPS Susilo, M.Pd.


Dalam amanatnya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat MM, MT yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Ilham Anwar, M.Pd mengatakan bahwa upaya untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran dan metode yang dikembangkan oleh hafecs dan guru inovasi diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran  dan kualitas hasil belajar siswa baik kemampuan literasi maupun numerasi.


Lebih lanjut Bupati berharap dengan meningkatnya kompetensi guru akan mempercepat pencapaian visi dan misi pemerintah kabupaten Kapuas. “ Pembangunan SDM yang cerdas hanya dapat dilakukan melalui proses pendidikan dan komponen utamanya adalah guru yang memiliki kecerdasan dalam mengelolan PBM. Saya sangat mendukung kegiatan ini dan saya yakin dengan koordinasi, kolaborasi dan konsistensi juga pengabdian ikhlas bapak ibu guru secara bertahap dan berkelanjutan program pendidikan hebat Kapuas cerdas akan terwujud “ harapnya. 

Terakhir, Bupati mengajak seluruh stoke holder untuk dapat mengendalikan penyebaran covid 19 dengan berbagai variannya dan selalu menerapkan 5 M, serta vaksinasi untuk semua pelajar agar PTM dapat segera dilaksanakan. Mengimbau pada guru tetap semangat mengabdi untuk nusa dan bangsa dalam membentuk karkter SDM Kapuas yang cerdas.


Perlu ketahui bahwa Hafecs (Yayasan Hasnur Centre) merupakan organisasi mitra Kemdikbud yang menyelenggarakan Program Organisasi Penggerak (POP). “ Hafecs sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, keagamaan dan kepemudaan, dan sudah berkiprah lebih dari sepuluh tahun di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, sebagai sebuah platform pelatihan guru dan tenaga pendidik, berupaya ikut serta dalam mentransformasi pendidikan di Tanah Air “ ujar Nina dari Yayasan Hasnur Centre saat memberikan sambutannya. Lebih Lanjut Nina menjelaskan bahwa melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas diharapkan dapat meningkatan kemampuan dalam mengelola manajemen sekolah dan strategis pembelajaran bagi guru serta meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir kritis secara komprehensif.

Dalam kesempatan ini Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat mengucapkan terimakasih kepada Organisasi Penggerak Yayasan Hasnur Centre yang sudah mendampingi beberapa sekolah dari Jenjang TK hingga SMP di Kabupaten Kapuas. "Kegiatan ini adalah upaya secara bersama-sama bergerak dengan filosofi Ki Hajar (Kita Harus Belajar). Sasaran utama adalah peserta didik dan pengelolaan pembelajaran merdeka belajar yaitu pengelolaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing " harapnya.


Kegiatan hari itu juga dirangkai dengan penjelasan tentang kurikulum prototype yang disampaikan oleh Kadeni, M.Pd (Kepala Sekolah Penggerak - SMPN 2 Selat), kemudian sosialisasi akreditasi sekolah yang disampaikan oleh ketua MKPS Susilo, M.Pd dan ditutup dengan acara perpisahan dengan Drs. Rayano (Kordinator Pengawas Kapuas) yang telah memasuki masa purna tugas.