Kasek SMP Siap Dukung Pasar Murah Ramadhan & Kejuaraan Bola Basket Antar Pelajar - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Rabu, 13 April 2022

Kasek SMP Siap Dukung Pasar Murah Ramadhan & Kejuaraan Bola Basket Antar Pelajar


KUALA KAPUAS, - Dengan tetap selalu memperhatikan protocol kesehatan, kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP edisi April 2022 digelar, diikuti oleh hampir semua Kepala SMP se Kabupaten Kapuas,  dihadiri oleh Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd, Kasi Peserta Didik Eva Sondang Saragih, S.ST, M.Pd dan Kasi Kurikulum Donianto, SAB, bertempat di Aula Disdik pada Selasa (12/04/2022).
“ Ada dua agenda yang memerlukan dukungan kita semua yaitu penyelenggaraan Pasar Murah Ramadhan 1443 H dan Kejuaraan Bola Basket Tingkat Pelajar SLTP / SLTA se Kabupaten Kapuas “ ungkap Agustin, S.Pd Kabid Pembinaan SMP saat memberikan arahan.

(Arahan dari Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd)

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa dalam waktu dekat tepatnya pada 23 April 2022 akan dilaksanakan kegiatan pasar murah Ramadhan yang digagas oleh Kelompok Pengajian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, akan menyediakan sedikitnya dua ribu paket bahan pangan seperti minyak goreng, gula, tepung, sirup dan margarin. 
Beliau juga menambahkan bahwa pada minggu ketiga bulan Mei 2022 Dinas Pendidikan berkerjasama dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kapuas akan menggelar Kejuaraan Bola Basket Tingkat Pelajar SLTP / SLTA se Kabupaten Kapuas Tahun 2022 memperebutkan Piala Bupati Kapuas. 

(Peserta MKKS pada Selasa 12 April 2021)

Kabid Pembinaan SMP Agustin juga menginformasikan bahwa pemberlakuan Kurikulum Merdeka akan dimulai pada tahun ajaran 2022/2023, dan segera melakukan pemesanan buku kurikulum dimaksud, bagi satuan pendidikan pelaksana program sekolah penggerak hingga 30 April 2022 dan satuan pendidikan yang bukan pelaksana program sekolah penggerak proses pemesanannya  paling lambat pada 10 Mei 2022, melalui mekanisme Siplah (Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah).

Kemudian Kasi Peserta Didik Eva Sondang Saragih, mengungkapkan bahwa masih ada beberapa sekolah yang hingga saat ini belum mengambil Dana BOS Tahap 1 2022 bahkan Dana BOS tahap 4 tahun 2021. Beliau  mengingatkan kembali bahwa pelaporan BOS tahap I paling lambat pada 31 Juli 2022. Dijelaskannya  ada 22 sekolah yang mengalami transaksi gantung di SIPLah dan diharapkan segera melakukan verifikasi sebelum 21 April 2022. Apabila sekolah tidak atau belum melakukan verivikasi hingga batas yang sudah ditentukan, penyaluran dana BOS terancam tidak bias disalurkan.

(Bersama perwakilan Bank Mandiri, setelah penyerahan buku tabungan Simpanan Pelajar)

Pada kesempatan MKKS hari itu juga diserahkan buku Tabungan Simpanan Pelajar kepada beberapa sekolah yang di Kecamatan Selat oleh perwakilan Bank Mandiri Kuala Kapuas. Tabungan simpanan pelajar ditujukan khusus bagi pelajar dalam rangka mendorong budaya menabung sejak dini. 

Kegiatan MKKS edisi April dalam suasana puasa Ramadhan ini ditutup dengan acara perpisahan dengan Haji Syahrul, S.Pd  Kepala SMPN 2 Kapuas Timur yang telah memasuki masa purna tugas, Masa pengabdian beliau terbilang cukup lama yaitu 38 tahun, tercatat sejak 1984 menjadi pengajar di SMPN 1 Mantangai, SMPN 6 Kapuas Murung dan SMPN 2 Kapuas Timur. Kemudian menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMPN 1 Dadahup dan terakhir di SMPN 2 Kapuas Timur hingga memasuki masa purna tugas.



(Penyerahan kenang-kenangan untuk Pa H. Syahrul yang memasuki masa purna Tugas)