Daftar IKM Yuk ! - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Senin, 20 Februari 2023

Daftar IKM Yuk !

 


KUALA KAPUASSejak diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi setahun lalu tepatnya pada bulan Februari Tahun 2022. Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program merdeka belajar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurikulum Merdeka berfokus pada materi yang esensial dan pada pengembangan karakter profil pelajar Pancasila, kurikulum ini resmi diterapkan pada Tahun Pelajaran 2022 / 2023 pada semua jenjang satuan pendidikan.
Melalui Surat Edarannya Nomor: 420/61/V/DISDIK/2023 tanggal 17 Januari 2023, Kadisdik Drs. Aswan, M.Si mengingat masih sedikitnya sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka, maka dengan ini beliau menghimbau kepada Kepala Satuan Pendidikan TK / Paud, SD, dan SMP se-Kabupaten Kapuas untuk : 
1. Melaksanakan Kurikulum. Merdeka Belajar pada Tahun Pelajaran 2023 / 2024 dengan cara mendaftar lewat Dapodik, serta mempersiapkan dini menghadapi perubahan tersebut. 
2. Wajib mengaktifkan / membuka Id Belajar untuk Bapak/Ibu guru yang ada di Satuan Pendidikan masing-masing.
Untuk tahun ajaran 2023/2024 Kemendikbudristek kembali membuka pendaftaran Kurikulum Merdeka bagi satuan pendidikan pada 6 Februari – 31 Maret 2023.  Selama periode tersebut, kepala sekolah atau guru yang ditunjuk sebagai Plt. kepala sekolah dan memiliki akun Belajar.id yang terdata sebagai kepala sekolah dapat mendaftarkan satuan pendidikannya.

(Kadisdik Drs. Aswan, M.Si beserta jajaran saat menghadiri MKKS SMP  di SMPN 1 Timpah yang salah satu angendanya membahas tentang IKM pada 06/02/2023 lalu)
Ada tiga opsi implementasi Kurikulum Merdeka yang tersedia bagi satuan pendidikan yang akan mendaftar :

Mandiri Belajar : Satuan pendidikan menggunakan struktur Kurikulum 2013 dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya serta menerapkan beberapa prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen.

Mandiri Berubah : Satuan pendidikan menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya serta menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran dan asesmen.

Mandiri Berbagi : Satuan pendidikan menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya serta menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran dan asesmen, dengan komitmen untuk membagikan praktik-praktik baiknya kepada satuan pendidikan lainnya.

Ketika mendaftar Kurikulum Merdeka pada Platform Merdeka Mengajar (PMM), satuan pendidikan akan mengisi beberapa kuesioner yang bertujuan memberikan rekomendasi opsi implementasi Kurikulum Merdeka yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik satuan pendidikan masing-masing.

Meski demikian, satuan pendidikan tidak harus mengikuti rekomendasi tersebut dan tetap bisa memilih opsi implementasi Kurikulum Merdeka yang diinginkan.Selama periode pendaftaran Kurikulum Merdeka (6 Februari – 31 Maret 2023), satuan pendidikan dapat mengubah opsi implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dipilih. Batas maksimal pengubahan opsi adalah 3 kali.

Sementara itu salah satu pengawas SMP Drs. Haris Fadilah, M.Pd mengatakan bahwa sekolah binaannya hampir semua sudah mendaftar untuk implementasi Kurikulum Merdeka. “ Alhamdulillah hingga saat ini sudah hampir semua SMP binaan saya sudah mendaftar IKM untuk tahun 2023/2024 “ ungkapnya.

Dijelaskannya juga bahwa sekolah binaannya sebanyak 18 SMP, dengan dua sekolah penggerak, ada dua sekolah yang sudah melaksanakan IKM tahun ajaran 2022/2023 dan sisanya  sekolah yang sekarang baru / akan mendaftar IKM untuk tahun ajaran 2023/2024 ini.


UNDUHAN :

- Pendaftaran IKM (Unduh)

- Panduan IKM (Unduh)

- Kurikulum Merdeka dan Strategi Penyiapan IKM (Unduh)