KADISDIK AJAK MKKS SMP BERKOLABORASI UNTUK WUJUDKAN VISI DAN MISI BUPATI KAPUAS - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Kamis, 08 Desember 2022

KADISDIK AJAK MKKS SMP BERKOLABORASI UNTUK WUJUDKAN VISI DAN MISI BUPATI KAPUAS

 


KUALA KAPUAS, - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Kapuas edisi ke 12 tahun 2022 kembali digelar di aula Dinas Pendidikan pada Kamis (8/12/2022), dihadiri oleh Kadisdik Drs. Aswan, M.Si, tampak juga Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd, Ketua APSI Drs. Haris Fadilah, M.Pd, Ketua MKPS Susilo, M.Pd dan sejumlah pengawas, serta sejumlah Kepala SMP Negeri maupun Swasta se Kabupaten Kapuas.


Sejak akhir November 2022, Kadisdik Kabupaten Kapuas dijabat oleh Drs. Aswan, M.Si menggantikan Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd yang selanjutnya menjabat sebagai Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.


Drs. Aswan sebelumnya adalah Kepala BKPSDM Kapuas dan tercatat pernah menjadi Camat di Bataguh, Mantangai dan Basarang. “ Mutasi pejabat adalah hal yang biasa, ini merupakan amanah ditempatkan dimanapun harus tetap dijalani “ ungkapnya, seraya bercerita tentang perjalanan hidupnya hingga menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.


Tugas barunya sebagai Kadisdik berharap adanya kolaborasi Disdik dengan MKKS berkenaan dengan program-program sekolah seperti stunting, kenakalan remaja ataupun hal lainnya yang berkenaan dengan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Kapuas.


Beliau juga menambahkan bahwa ada tiga issu yang serius harus ditangani yaitu masalah sarana prasarana, kurikulum dan sumber daya manusia (tenaga pendidik). “ Saya sangat mengapresiasi kegiatan MKKS, ini merupakan moment yang tepat untuk menyampaikan permasalahan tentang tugas pokok kepala sekolah dan peningkatan kinerjnya, berharap mulai tahun ajaran 2023/2024 kurikulum merdeka sudah harus diterapkan di semua sekolah “ tambahnya.


“Berkenaan dengan program Dinas Pendidikan, Kadisdik akan tetap berkomitmen untuk tetap melanjutkan program dari pejabat sebelumnya yaitu mewujudkan Pendidikan hebat Kapuas cerdas, tentu dengan kolaborasi dan inovasi”, ungkapnya.


Diakhir sambutannya, Kadisdik mengajak para kepala sekolah dan komponen yang terkait dengan masalah pendidikan untuk secara bersama-sama berkolaborasi untuk mewujudkan visi dan misi Bupati Kapuas.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan SMP Agustin, S.Pd dalam sambutannya melaporkan bahwa ada 96 % SMP di Kabupaten Kapuas yang sudah terakreditasi.Berkenaan dengan penilaian akhir semester (PAS) beliau menilai sudah berjalan dengan baik dan lancar, dan berharap soal-soal yang diberikan diharapkan memuat literasi dan numerasi, tujuannya adalah persiapan untuk menghadapi ANBK tahun 2023.


" Untuk RKAS tahun 2023 sudah bisa disiapkan mulai sekarang dan sudah bisa dipastikan dana BOS 2023 untuk tahap pertama semua sekolah sudah ada dan siap disalurkan pada saatnya nanti." tambahnya lagi.


Berkenaan dengan masalah keuangan utamanya masalah pertanggungjawaban BOS semester II disampaikan oleh Kasi Peserta Didik Eva Sondang Saragih, M.Pd antara lain :

(1). Bagi sekolah yang masih belum melakukan pergeseran/revisi anggaran BOS Reguler Perubahan agar segera melakukan pergeseran/ revisi di ARKAS sebelum tanggal 10 Desember 2022.

(2).Tanggal 10 Desember 2022 kami akan menarik data revisi anggaran BOS Reguler Perubahan dari Markas (memfinalkan data berubahan)

(3). Apabila data sudah kami finalkan maka sekolah tidak diperkenankan lagi untuk melakukan pergeseran/ revisi, usulan pergeseran/revisi akan kami tutup dan fiturnya akan terkunci.

(4).Laporan Realisasi Semester II Tahun 2022 disampaikan ke dinas sebelum tanggal 24 Desember 2022.

(5) Berita Acara Rekonsiliasi dan SPTJM dibuat selama setahun.