Disdik Bersama Kemenag Kapuas Susun Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023/2024. - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Senin, 26 Juni 2023

Disdik Bersama Kemenag Kapuas Susun Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023/2024.

KUALA KAPUASBersama Kantor Kementrian Agama, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas membahas dan menentukan kalender pendidikan Kabupaten Kapuas tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan yang dihadiri oleh Kadisdik Drs. Aswan, M.Si tersebut berlangsung di ruang VIP Disdik setempat pada Senin pagi (26/06/2023).  


Tampak juga Kabid dan Kasi Kurikulum dari PAUD hingga SMP, Kasi PAI dan Pengawas Kemenag, Ketua MKPS, Ketua APSI dan Pengawas SMP, Sejumlah Pengurus MKKS dan Pengawas SD Kecamatan Selat.


Menurut Agustin, Kabid Pembinaan SMP, bahwa kalender pendidikan pada dasarnya adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur. 


Jadi fungsi kalender pendidikan adalah untuk mendorong efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran serta sebagai acuan untuk menyelaraskan ketentuan mengenai hari efektif dengan libur sekolah tambahnya lagi.

Permulaan tahun ajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Satuan pendidikan dasar dapat menyesuaikan kalender pendidikan yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kapuas sesuai kebutuhan dan  karakteristik sekolah dan kebutuhan peserta didik tentunya.