MKKS EDISI JUNI, PUJON LUAR BIASSA ! - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Selasa, 20 Juni 2023

MKKS EDISI JUNI, PUJON LUAR BIASSA !

 

PUJON, Ada yang berbeda pada pertemuan para kepala SMP atau sering disebut dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Kapuas kali ini. Kalau biasa dilaksanakan di ibu kota kabupaten dan sekitarnya, kali ini mereka bermusyawarah di daerah hulu kabupaten yaitu di Kecamatan Pujon tepatnya di SMPN 1 Kapuas Tengah. 
Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (19/06/2023) ini dibuka langsung oleh Kadisdik yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd, MA, juga dibersamai oleh Kasi Peserta Didik Eva Sondang Saragih, M.Pd, Ketua APSI Drs. Haris Fadilah, M.Pd, Pengawas SMP Sarengat Nedi, S.Pd, MA dan dihadiri sejumlah Kepala SMP se Kabupaten Kapuas.
Dalam arahannya Agustin, Kabid Pembinaan SMP mengatakan bahwa pada tahun ajaran 2023/2024 semua satuan pendidikan tingkat SMP di Kabupaten Kapuas diharapkan sudah melaksanakan atau memberlakukan kurikulum merdeka, baik itu opsi Mandiri Belajar, Mandiri Berubah maupun Mandiri Berbagi.

Beliau juga mengapresiasi kegiatan pelatihan dan bimbingan dalam mengiplementasikan kurikulum merdeka. "Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi dan penghargaan kepada sekolah yang telah melaksanakan pelatihan maupun bimbingan IKM serta peran fasilitator maupun pengawas sekolah yang menjadi narasumber kegiatan tersebut " ungkapnya..
Diinformasikannya juga bahwa kalender pendidikan akan dibahas pada 26 Juni 2023 bersama oihak Kemenag Kabupaten Kapuas, kemudian mengenai rekruitmen PPPK (P3K) tahun 2023 dengan menggunakan CAT (Computer Assisted  Tes) dimana kabupaten Kapuas mendapatkan formasi sebayak 1790 guru.

Tahun ajaran baru pada 10 Juni 2023, diawali dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang materinya antara lain sekolah ramah anak, perundungan dan sekolah sehat, yang dilaksanakan pada 3 hari di awal tahun ajaran 2023/2024.
Assement Nasional akan dilaksanakan pada September 2023, sembari barharap kepada semua sekolah sudah bersiap utamanya mengenai perangkat IT dalam mendukung kelancaran Assesment tersebut.
Mengenai pelaporan BOS Reguler disampakan oleh Kasi Peserta Didik Eva Sondang Saragih, M.Pd, dikatakannya bahwa pusat akan melakukan tarik data laporan sekolah untuk tahap 2 Gelombang 1 pada 28 Juni 2023 dan pelaporan BOSP gelombang I pada 31 Juli 2023. Dijelaskannya juga bahwa belanja barang BOSP untuk tahap selanjut melalui Sistem Pengadaan Sekolah (SIPLah).
Sebelumnya rangkaian acara MKKS Pujon diawali dengan sambutan Kepala SMPN 1 Kapuas Tengah Oyeng, SE, sambutan Wakil Ketua MKKS SMP Anwar Mikaharap, S.Pd, MA dan sambutan pengawas SMP / Ketua APSI Kabupaten Kapuas Drs. Haris Fadilah, M.Pd.