Jelang Assesmen Nasional 2022 Disdik Kapuas Gelar Rapat Koordinasi - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Kamis, 30 Juni 2022

Jelang Assesmen Nasional 2022 Disdik Kapuas Gelar Rapat Koordinasi

 

KUALA KAPUAS, - Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas melaksanakan rapat koordinasi di aula Disdik pada Selasa (28/06). Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd dalam arahannya menyoroti tentang raport mutu pendidikan Kabupaten Kapuas yang menurun. “ Raport mutu pendidikan kita menurun, pada hal Kapuas selalu menonjol dalam beberapa best practice bidang pendidikan dan tak sekali dua menjadi rujukan dari kabupaten / kota di tingkat nasional “ ungkapnya.

Adanya kelengahan dari pengelola satuan pendidikan dalam pemanfatan dan penguasaan teknologi, ditenggarai merupakan salah satu penyebab menurunnya raport mutu pendidikan, beliau mengajak semua Kepala Sekolah, Korwil dan stoke holder pendidikan secara bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan, “ Manfaatkan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah semaksimal mungkin untuk pembiasaan penggunaan IT baik dalam pembelajaran maupun evauasi berbasis komputer “ pinta mantan Kepala Dinas Kominfo Kapuas ini.


Beliau juga berujar bahwa perubahan kebijakan dari Kemendikbudristek, mau tidak mau kita harus menyesuaikan, pola penyelenggaraan pendidikan baik di jenjang sekolah maupun bidang kesetaraan, tidak adanya Ujian Nasional (UN) yang diganti Assemen Nasional (AN) bukannya tidak ada standar, tapi dengan adanya Assemen Nasional setidaknya ada tiga hal menjadi dasar untuk penilaian mutu pendidikan yaitu kemampuan Literasi, Numerasi dan Survey Karakter.

Sementara itu Kabid Pembinaan SMP, Agustin S,Pd mengungkapkan bahwa Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Dalam pelaksanaannya AN hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan system tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang dapat dipilih adalah moda tes komputer daring (online) dan semi daring (semi online). Menyinggung tentang pembiayaan selama pelaksanaan Assesmen Nasional Kabid Pembinaan SMP mengatakan bahwa sudah diatur dalam POS AN 2022 bahwa sumber dana dari anggaran BOS Reguler, namun yang terpenting adalah lakukan koordinasi dalam pelaksanaannya. “ Lakukan koordinasi antara satuan pendidikan, Korwil dan Dinas Pendidikan selama pelaksanaan Asessmen, sehingga tidak adanya lagi kesalahpahaman baik jadwal maupun pembiayaan “ harapnya lagi.

Rapat koordinasi assemen nasional untuk jenjang Kepala SD / SMP dan Ketua PKBM jenjang kesetaraan se Kabupaten Kapuas dihadiri juga Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas Yulianus Banuas Aden, SH, Kabid Pembinaan SMP Agustin, S.Pd, Kasi Kurikulum SMP Donianto, S.Ab, dan sejumlah Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Kapuas.

Link :

- Jadwal Pelaksanaan AN Tahun 2022

POS AN 2022 

JUKNIS+ANBK+2022 

Buku Saku Capaian Hasil AN 

Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia